E-Business and E-Commerce
Dimana terbagi menjadi 2 bahagian yaitu Tradisional vs Elektronik
Tradisional Elektronik
• Sulitpromosi & akses pasar • Akses pasar mudah
• Face-to-face • penilaian independent
• Paperwork • negosiasi &penawaran standard
• biayatinggi& birokrasi • paperless
• prosedur manual • Alurinformasi transparan
• pasar kurang kompetitif • Anywhere-anytime
• Butuh pegawai banyak • Keamanan?
E-Business
E-Business merupakan kegiatan berbisnis di Internet yang tidak saja meliputi pembelian, penjualan dan jasa, tapi juga meliputi pelayanan pelanggan dan kerja sama dengan rekan bisnis (baik individual maupun instansi).
E-Business Application
•ERP (Enterprise Resource Planning)
sistem informasi pendukunge-business, yg menyediakan berbagai macam kebutuhan perusahaan seperti supply chain, CRM, marketing, warehouse, shipping, dan payment, serta mampu melakukan otomatisasi proses bisnis
•CRM (Customer Relationship management)
sistem kustomisasi real time yang memanajemen kustomer dan melakukan personalisasi produk dan servis berdasarkan keinginan customer
•EAI (Enterprise Application Integration)
merupakan konsep integrasi berbagai proses bisnis dengan memperbolehkan mereka saling bertukar data berbasis message.
•SCM(Supply Chain Management)
manajemen rantai supply secara otomatis terkomputerisasi.
Customer service
•Requirement : mengetahui kebutuhan customer, bs didapat dari catalog / CD
•Acquisition : membantu customer memilih produk, termasuk order online, nego, dan delivery
•Ownership : support kepemilikan produk dari customer, dgn forum, FAQ, renewal, mailing list
•Retirement : support ttg layanan purna jual, online resale, lelang barang & classified add
Faktor-Faktor Penyebab Kegagalan E-Business
•Tidakadakomitmenyang utuhdarimanajemen.
•Penerapane-business tidakdiikutiproseschange management.
•Tidakprofesionalnyavendor teknologiinformasiyang menjadimitrabisnis
•Buruknyainfrastrukturkomunikasi
•TidakselarasnyastrategiTI denganstrategiperusahaan.
•Adanyamasalahkeamanandalambertransaksi
•Kurangnyadukunganfinansial
•Belumadanyaperaturanyang mendukungdanmelindungipihak-pihakyang bertransaksi(cyberlaw),
•Menggunakantarget jangkapendeksebagaipijakaninvestasie-business.
Kiat atau cara membangun E-Business
•Membenahiterlebihdahulusistempengelolaansumberdayaperusahaansecaraterpadu.
•Membuatperencanaaninvestasiteknologisecaramendetaildankomprehensif.
•Menentukanarahinvestasiteknologiuntukmenjawabkebutuhanjangkapanjang.
•Membentukstrukturorganisasiyang fleksibeldanadaptifterhadapperubahan.
•Melakukankerjasamakondusifdenganberbagaimitrabisnis(vendor, pemasokbarang, lembagakeuangan, danlain sebagainya).
E-Commerce
e-commerce secara umum dapat diartikan sebagai proses transaksi jual beli secara elektronik melalui media internet.
• Menurut Mariza Arfina dan Robert Marpaung e-commerce atau yang lebih dikenal dengan e-com dapat diartikan sebagai suatu cara berbelanja atau berdagang secara online atau direct selling yang memanfaatkan fasilitas Internet dimana terdapat website yang dapat menyediakan layanan "get and deliver" (http://r-marpaung.tripod.com/ElectronicCommerce.doc diakses tanggal 22 April 2007).
Serta E-Commerce juga digunakan sebagai
•Penggunaan media elektronik untuk melakukan perniagaan / perdagangan
–Telepon, fax, ATM, handphone, SMS
–Banking: ATM phone banking, internet banking
•Secara khusus
–Penggunaan Internet untuk melakukan perniagaan
•Disukai karena kemudahannya
•Dimulai sejak 1970-an
•Pure EC (cth: e-book) vs Partial EC (cth: book)
Kemampuan E-Commerce
•OTOMATISASI, proses otomatisasi yang menggantikan proses manual.(“enerprise resource planning”concept)
•INTEGRASI, proses yang terintegrasi yang akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses. (“just in time”concept)
•PUBLIKASI, memberikan jasa promosi dan komunikasi atas produk dan jasa yang dipasarkan secara elektronik. (“electronic cataloging”concept)
•INTERAKSI, pertukaran data atau informasi antar berbagai pihak yang akan meminimalkan “human error”(“electronic data interchange/EDI”concept)
•TRANSAKSI, kesepakatan antara 2 pihak untuk melakukan transaksi yang melibatkan institusi lainnya (pihak ketiga) sebagai pihak yang menangani pembayaran (“electronic payment”concept
Manfaat E-Commerce
•Revenue streambaru
•Market exposure, melebarkan jangkauan
•Menurunkan biaya
•Memperpendek waktu product cycle
•Meningkatkan customer loyality
•Meningkatkan value chain
Layanan E-Commerce Khas Indonesia
•Contoh layanan khas Indonesia
–Wartel & Warnet
–SMS
–Berganti-ganti handphone (lifestyle?)
–Games, kuis
•Peluang bisnis baru yang khas Indonesia
–SMS-based applications
–nonton TV dengan chatting
–Games, kuis
–Star on TV
Jenis – jenis E-Commerce
•Consumers-to-businesses (C2B)
–Consumers make known a particular need for a product or service, and suppliers compete to provide it
•Business to Employee
–An organization uses EC internally to improve its operations.
•Mobile commerce (m-commerce)
–When e-commerce is done in a wireless environment
Manfaat E – Commerce
•Menambah pasar
•Mengurangi biaya produksi dan promosi
•Mengurangi biaya inventory
•Mengurangi biaya komunikasi
•Hampir tidak terlihat perbedaan antara perusahaan besar dan kecil
•Memudahkan konsumen memilih barang, 24 jam nonstop
•Mempercepat dan mempermudah transaksi, anywhere
•Memungkinkan barang dijual lebih murah
Faktor Pendukung E-Commerce
1. Cakupan yang luas
2. Proses transaksi yang cepat
3. E-Commerce dapat mendorong kreatifitas dari pihak penjual secara cepat dan tepat dan pendistribusian informasi yang disampaikan berlangsung secara periodik.
4. E-Commerce dapat menciptakan efesiensi yang tinggi, murah serta informatif.
5. E-Commerce dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, dengan pelayanan yang cepat, mudah, aman dan akurat
Karakteristik E-Commerce
• Terjadinya transaksi antar dua belah pihak
• Adanya pertukaran barang, jasa dan informasi
• Internet merupakan medium utama dalam proses atau mekanisme perdagangan tersebut.
Contoh M-commerce
•Pembayaran tagihan melalui mobile phones
•Pengenalan suara melalui mobile phones untuk membeli karcis bioskop
•Pembelian tiket pesawat melalui mobile phones
•Transfer dana melalui mobile phone
Di belakang Layar EC & MC
•Teknologi Client Server
–Three tier layer (+ web)
•Teknologi Web Database
–Oracle, MySQL, SQL server, Postgres
•Teknologi Middleware
–CORBA, RMI, JDBC, RPC, Web Service
Karakteristik Client/Server
•Service : Menyediakan layanan terpisah yang berbeda.
•Shared resource: Server dapat melayani beberapa client pada saat yang sama dan mengatur pengaksesan resource
•Asymmetrical Protocol: antara client dan server merupakan hubungan one-to-many. Client memulai komunikasi dengan mengirim request ke server. Server menunggu permintaan dari client.
\•Transparency Location: proses server dapat ditempatkan pada mesin yang sama atau terpisah dengan proses client. Client/server akan menyembunyikan lokasi server dari client.
•Mix-and-match : tidak tergantung pada platform
•Message-based-exchange : antara client dan server berkomunikasi dengan mekanisme pertukaran message.
•Encapsulation of service: message dari client memberitahu server apa yang akan dikerjakan tanpa harus tahu detail service.
•Integrity: kode dan data server diatur secara terpusat, sedangkan pada client tetap pada komputer tersendiri.
Baca Selengkapnya Di : http://indonesianblog-jmk.blogspot.com/2012/03/cara-memasang-tombol-berbagi-share-di.html#ixzz3SuJ9CtHQ
0 komentar:
Posting Komentar
isi kan komentar anda